Pembelajaran jarak jauh, merupakan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang tidak berkumpul bersama di satu tempat secara rutin. Pembelajaran dengan sistem ini, untuk mengganti pelajaran secara langsung yang diterima peserta didik dari instruktur atau guru.

Bahan-bahan dan instruksi-instruksi detail dan bersifat khusus, dikirimkan atau disediakan untuk para peserta yang selanjutnya melaksanakan tugas-tugas yang akan dievaluasi oleh instruktur. Pembelajaran dalam jaringan (daring) atau online ini, adalah implementasi Pendidikan Jarak Jauh, dan sudah banyak dilaksanakan di Pendidikan Tinggi. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu.

Dengan adanya Pandemi virus Corona (Covid-19) yang masuk di Indonesia, telah disikapi oleh pemerintah pusat dengan melakukan langkah-langkah pencegahan dalam memutus rantai penyebaran virus tersebut dalam kehidupan masyarakat. Kegiatan yang mengumpulkan banyak orang harus ditunda atau dihindari. Mulai dari bidang sosial, ekonomi, agama, politik, dan pendidikan.

Pada bidang pendidikan, mengumpulkan banyak orang seperti festival, kompetisi, pentas, rapat umum wali murid, dan study tour harus ditunda. Adanya kebijakan pemerintah yang diikuti pemerintah propinsi, kabupaten, dan kota dengan meliburkan murid mulai dari tingkatan TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, bahkan sampai perguruan tinggi selama 14 hari, terhitung dari tanggal 16 sampai dengan 29 Maret 2020, yang kemudian diperpanjang lagi sampai 21 April 2020, harus kita ikuti.

Agar pelaksanaan pembelajaran pada siswa tetap berlangsung, maka sistem pembelajaran tatap muka di kelas diubah menggunakan pembelajaran jarak jauh atau daring. Guru tetap masuk di sekolah untuk menyiapkan pembelajaran kelas daring, dan melakukan pemantauan terhadap murid-muridnya agar tetap belajar secara mandiri di rumah. Anak-anak bisa belajar di rumah dengan delapan sistem belajar daring ini. Semua akses sudah dibuka secara gratis.

Melalui sistem daring ini, pemerintah telah menyediakan sumber belajar bagi siswa di rumah. Siswa dapat mengakses situs Rumah Belajar melalui url  https://belajar.kemdikbud.go.id, Google G Suite for Education: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19, Kelas Pintar: https://kelaspintar.id, atau melalui Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office, dan Quipper School: https://quipper.com/id/school/teachers/, serta Sekolah Online Ruang Guru Gratis: https://ruangguru.onelink.me/blPk/efe72b2e, Gratis belajar online Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas, dan Zenius: https://zenius.net/belajar-mandiri.

SMK Negeri 13 Kota Bekasi merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan proses pembelajaran jarak jauh (daring) selama masa pandemi covid-19. Pihak kurikulum menginstruksikan para dewan guru agar menggunakan media jejaring online yang dapat dengan mudah diakses dan digunakan siswa selama proses KBM dirumah. Banyak siswa yang antusias terhadap program pembelajaran jarak jauh ini, walaupun tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan bapak/ibu guru layaknya di sekolah, media daring dapat menjadi alternatif terbaik dan sedikit mengobati kerinduan siswa terhadap bapak/ibu guru pengampuh setiap mata pelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *