Sambut bulan Ramadan, setiap umat muslim tentu menyambutnya dengan gembira. Bahkan penyambutan bulan suci ini bukan saja dilakukan saat menjelang, bahkan beberapa minggu sebelumnya pun beberapa daerah memiliki tradisi tarhib Ramadan yang unik.

Sebenarnya, apa, sih, arti tarhib Ramadhan itu? Lalu bagaimana perayaannya di seluruh dunia? Simak penjelasannya berikut ini.

Secara teknis, kata tarhib memiliki akar kata yang sama dengan kata marhaban yang berarti selamat datang. Secara etimologis, tarhib berasal dari bahasa Arab, “ra-hi-ba, yarhabu, rahbun” yang berarti luas, lapang dan lebar, yang selanjutnya menjadi fi’il “rahhaba, yurahhibu, tarhiban” yang mengandung arti menyambut, menerima dengan penuh kelapangan, kelebaran dan keterbukaan hati.

Jadi, tarhib Ramadan merupakan kegiatan menyambut bulan Ramadan dengan segala kesiapan, keluasan, serta kelapangan jiwa serta raga. Setiap negara memiliki tradisi tarhib Ramadan yang berbeda-beda sebagai bentuk suka cita.

SMK Negeri 13 Kota Bekasi telah melaksanakan kegiatan Tarhib Ramadhan dan berbarengan dengan Kegiatan Isra Miraj agar para warga sekolah khususnya dapat menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H dengan penuh sukacita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *