Acara Olimpiade Jaringan Mikrotik – APJII (Olimpiade) ini adalah prakarsa dari PT Citraweb Solusi Teknologi (Citraweb), dan diselenggarakan bersama antara Citraweb Nusa Infomedia dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Jaringan Indonesia (APJII).

Penyelenggaraan acara ini bertujuan mengasah dan mendorong penguasaan ilmu jaringan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia, khususnya SMK yang memiliki jurusan Teknis Komputer dan Jaringan (TKJ). Kemampuan mengelola jaringan ini adalah salah satu ketrampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja, seiring dengan hampir semua jenis perusahaan bermigrasi menggunakan sistem komputerisasi dan jaringan.

MikroTik adalah salah satu perangkat jaringan yang saat ini banyak digunakan di dunia industri dan operator telekomunikasi. Ketrampilan untuk mengkonfigurasi MikroTik juga banyak diajarkan di SMK-SMK, khususnya yang memiliki jurusan TKJ. Bahkan lebih dari 200 SMK telah terdaftar sebagai MikroTik Academy, program kerja sama dengan MikroTik yang memberikan hak bagi SMK untuk menyelenggarakan pelatihan dan ujian sertifikasi MikroTik Certified Network Associates (MTCNA).

APJII sebagai wadah bagi perusahaan penyelenggara telekomunikasi, menganggap acara Olimpiade ini sesuai dan sangat bermanfaat bagi anggotanya. Proses rekruitmen dan magang kerja di operator telekomunikasi bisa menjadi tindak lanjut yang sama-sama menguntungkan, baik dunia industri maupun dunia pendidikan.

SMK Negeri 13 Kota Bekasi merupakan sekolah negeri yang menjadi salah satu peserta pada olimpiade mikrotik yang diselenggarakan di Universitas Multimedia Nusantara, Banten yang telah dijadwalkan pada 24 September 2019 lalu dengan mengikutserakan dua peserta yang masing-masing tengah berada di tingkat semester lima SMK Negeri 13 Kota Bekasi, ananda Ilham Zailani dan Joseph Putra Manuela.

Kedua siswa tersebut membuktikan diri dengan baik pada oloimpiade mikrotik tahun 2019 ini dan berhasil menembus urutan ke 11 dari 120 peserta se Jabodetabek. Ini merupakan kabar baik bagi sekolah khususnya yang memiliki salah satu kompetensi keahlian jurusan yang mampu bersaing dengan sekolah unggulan yang memang lebih diunggulkan, SMK Negeri 13 Kota Bekasi akan terus melakukan pembinaan terhadap bibit-bibit baru yang mempunyai potensi untuk terus berkompetisi baik tingkat Kota, Propinsi maupun di tingkat Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *